ane dulu pernah kerja di salah satu perusahaan publisher game online di
indonesia sebagai GM. kalo skrg sih udah ngga lagi, but anyway mau kasih
sedikit penjelasan aja
sekarang kerja di IT monitoring
rata2
(ato bahkan mungkin semua) game online yang di indonesia itu di PUBLISH.
bukan di DEVELOP. artinya, kalo ada apa2, itu udah semata2 menjadi
"Standard Operational Procedure" untuk ngelapor pada pihak developer
(biasanya sih di Korea) dan menunggu jawaban dari mereka.
salah
satu tambahan lagi buat mental gamer indonesia, buat ane sendiri yang
udah ngerasain dari seorang GM, mereka ngga mau tau serepot apa prosedur
atau proses yang harus dilakukan.
ane pun juga udah ngalamin
yang namanya "pasrah karena ngga bisa berbuat apa2" dan "seneng karena
cheat/bug tersebut udah ngga bisa dipake lagi". but guess what, kalo
masalah bug, katakanlah duplikat item dan lain sebagainya belum di fix,
itu TIDAK SELALU karena GMnya tutup mata.
ane sekedar share ya. agak mirip analoginya dengan ini:
DEVELOPER -- PRODUK --> PUBLISHER -> PLAYER
ibarat: Nestle/Danone/KhongGuan -- Biskuit Malkist, Pocky, dll --> Indomart, carrefour -> Konsumen
misalnya
kalian beli makanan di supermarket. terus ternyata didalem bungkus
makanan itu ada katakanlah kecoa mati. masa kalian lapor ke
supermarketnya? padahal yang ngebungkus itu si pembuat pastinya (yang
baru di shipping ke supermarket), bener ngga?
nah kalo di sistem
game online gini, kalian bisa lapor ke kita dan nanti akan kita teruskan
ke bagian pihak developer. TAPI masalahnya, laporan bug itu ngga
gampang.
tau ngga, rata2 laporan bug itu gimana kalo masuk di email inbox gm?
"kk ada bug dupli benerin pls"
"woi tod ada bug benerin dong becus ga si lu jadi gm"
ya kira2 seperti itulah..
ngga bisa kalo kita langsung laporin ke pihak developer juga. ada yang pernah denger ungkapan seperti ini:
"The easiest and the fastest way to fix a bug is to first know how to reproduce it."
yang
artinya, kalo kita ga tau gimana cara membuat bug itu terjadi.. ya
bagaimana kita bisa ngebenerin bug itu? ibarat gini, kalian makan
seafood (cumi, kerang, udang, ikan, dll) terus sampe rumah badan kalian
merah2 dan ternyata alergi. Tentu supaya kita ga kena alergi lagi kita
harus tau dong makanan apa penyebabnya, bener ngga? Apa itu cumi nya?
Kerangnya? Ato udangnya? Apa semuanya? Intinya sebelum kita tau apa
penyebabnya, kita ngga akan bisa menghindari problem yang sama
Ngga
bisa tuh kita lapor ke developer cuman bilang "Hi, there is a bug which
allows player to duplicate item. Please fix this." NO. kita harus
menjabarkan caranya SECARA RINCI (entah itu dari tulisan, maupun video
fraps atau puluhan screenshot yang intinya menjelaskan bagaimana bug itu
terjadi).
yah, okay, emang itu semua bagian dari jobdesc seorang
GM. mempunyai networking yang cukup luas memang penting, soalnya kalo
mulai ada laporan bug2 gini, biasa ane pun masuk ke dalam game dan coba
ngomong sama beberapa temen deket ane yang udah level tinggi. tapi ..
ngga semua pun tau tentang itu. andai mereka tau, belum tentu mereka mau
ngomong.
kalo dari player yang *udah tau tapi mingkem doang* aja
ngga mau kasih tau, bukankah itu mempersulit kerja seorang GM? sekali
lagi, ya memang *cari tau tentang bug* memang jobdec seorang GM, tapi
player2 yang level tinggi/terkenal pun ngga semuanya tau. masa kita
harus mendedikasikan seluruh waktu kerja untuk cari tau gimana bug itu
terjadi? lalu bagaimana dengan laporan hack? pertanyaan2 yang masuk ke
inbox GM atau forum2 tetangga yang harus kita pantau? dan juga
patch/update baru yang harus segera kita translate ke bhs indonesia? apa
ditelantarkan begitu saja demi mencari bug? kan ngga.. kita juga harus
bagi waktu Smile
kalo soal masalah player yang menggunakan cheat,
kita juga ngga bisa main asal ban setiap terima laporan. kita harus
ngeliat mereka saat bermain. dan ane rasa kita semua tau ngga semua
cheat *gampang diliat*. contoh aja dulu gunbound, kalo pake aimbot,
emang orang lain bisa ngeliat? ngga kan? antara JAGO sama CHEAT itu
biasa susah dibedain. dan inilah mental orang indo satu lagi. kalo kalah
sama yang level/pangkat lebih rendah langsung deh cocod "CHEATTT!" dan
ga pernah mikir "wah emang gw kalah skill mungkin"
sama halnya
dengan anticheat. hampir semua game ada protectionnya baik itu xtrap,
gameguard dan lain sebagainya. untuk semua yang tembus pun kita juga
harus lapor. ini sedikit lebih gampang karena biasanya cheat itu berupa
third-party program, jadi kita cukup memberikan screenshot bahwa *nih
bisa dipake, kok tembus?* dengan sedikit penjelasan tentang efek di game
dan mereka akan terima laporan tersebut.
tapi apa memperoleh
program2 seperti itu gampang? percaya ngga percaya, dari jobdec sebanyak
itupun salah satunya juga memantau perkembangan cheat, masuk ke forum2
local maupun luar supaya dapet program itu dan riskan ngerusakin kompi
kantor (apalagi kalo xtrap, tiap ke detect cheat langsung otomatis
restart kompinya)
--> DAN BALIK LAGI.. update untuk game
(perbaikan bug) maupun anticheat bawaan dari game tersebut adalah
KE-BI-JAK-AN dari developer game maupun anticheat tersebut. kalo kita
udah lapor dan mereka belum kasih fix.. kita ngga bisa apa2. masa kita
tiap hari nge-grecokin mereka dan bilang dengan gaya player "woi tod
mana updatenya biji" .. yang ada license kita diputus langsung
sorry,
ane bukan ngebela kinerja GM di publisher indo, tapi cuman mencoba
membuka mata para player bahwa jadi GM itu ngga gampang.
ga
jarang juga denger kritik pedes, "Halah jadi GM ngurus game aja ga
bisa/becus, ke laut aja lu!" ato "Loh lu kan digaji untuk itu, lu
dibayar untuk jobdesc tersebut, jgn complain dong!"
biasa sih ane
cuman geleng2 kepala aja ya, memang diakui kinerja GM untuk game2 yang
udah ada mungkin BELUM maksimal .. dan satu sifat yang harus dimiliki
semua GM adalah KESABARAN. SABAR, SABAR dan SABAR. kita dicaci maki,
dikritik, dikomentarin, kita ga boleh bales ke mereka
kalo biasa ane curhat ke temen ane pas lagi kesel, biasanya ane bilang,
"If you can do better, prove it; otherwise shut the hell up."
--> kalo lu bisa lebih baik, buktiin, kalo ga diem aja jangan banyak cocod
bener
ngga? kalo kalian pikir para GM ga becus ngurusin game, kenapa kalian
ga ngelamar jadi GM aja? nanti baru deh kalian tau suka-duka nya menjadi
seorang GM tapi selama kalian menjadi player2 biasa, ya terimalah
dengan lapang dada bahwa this is probably the best you can get (ini
mungkin sudah terbaik yang diberikan oleh para GM)
coba bayangkan
kalo semua GM nurutin komentar "ga becus quit aja", mana ada lagi yang
ngurus game indo? rata2 pada ga ngerasain jadi GM sih
oh iya btw,
di perusahaan publisher game online indo, rata2 GM ga bertanggung jawab
atas penjualan voucher/penjualan apapun yang bersifat "offline". itu
tugas marketing. kita cuman in-game aja kok
huff udah ah. panjang ya? maap kepanjangan
Minggu, 08 Juni 2014
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar